Editors Picks

Monday, April 9, 2012

Cara Kalibrasi Batrei HH Android kita

Untuk melakukan kalibrasi baterai, ponsel Android harus dalam keadaan rooted.
Kalibrasi baterai biasanya dilakukan setelah kita melakukan flash rom pada ponsel Android. Biasanya ketika kita melakukan flash rom, infromasi yang disimpan dalam file batterystats.bin akan terhapus. File batterystats.bin adalah file yang menyimpan semua informasi aktifitas baterai sejak ponsel Android digunakan untuk pertama kali. Jika kita melakukan kalibrasi, maka semua informasu akan terhapus dan baterai akan tampak baru.
Sebelum melakukan kalibrasi, baterai kita isi sampai penuh sepenuh mungkin. Caranya dengan melakukan charging sampai terisi 100%. Jika sudah penuh, cabut chargernya dan coba matikan (jika sebelumnya nyala) dan tunggu beberapa saat. Kemudian lakukan charging lagi sampai terisi penuh. Ulangi secukupnya (kaya demo masak aja ya, hehe).
Setelah baterai penuh, saatnya lakukan kalibrasi. Cara untuk melakukan kalibrasi ada dua cara, melalui recovery atau melalui aplikasi.
1. Melalui recovery
Biasanya di recovery ada menu untuk melakukan kalibrasi baterai. Coba eksplorasi recovery dan cari kata-kata Wipe Battery Stats. Kalo udah ketemu, silakan pilih dan kalibrasi selesai.
2. Melalui aplikasi
Ada satu aplikasi favorit yang bisa membantu anda dalam melakukan kalibrasi yaitu Battery Calibration. Silakan jalan-jalan ke Android Market dan cari aplikasi dengan kata kunci 'Battery Calibration'. Install aplikasinya pada ponsel dan coba lakukan kalibrasi pada baterai Android.

Setelah melakukan kalibrasi, disarankan untuk memakai ponsel Android sampai baterainya benar-benar habis kemudian lakukan charging tanpa putus sampai baterainya penuh.

No comments:

Post a Comment